Jumat, 12 Februari 2016

Inilah Istilah Makanan Yang Mengandung Daging Babi Yang Jarang Sekali Orang Tahu

Beberapa agama melarang keras bagi pengikutnya untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung daging babi.Tapi, tidak banyak orang yang mengetahui istilah makanan yang mengandung daging babi, sehingga mereka mengkonsumsi makanan yang mengandung daging babi yang jelas - jelas telah di larang oleh agamanya.

Yang menjadi persoalan saat ini, bukan hanya konsumen yang tidak mengetahui istilah makanan yang mengandung daging babi, terkadang yang memiliki restoran (makanan siap saji) sudah tidak menjelaskan secara langsung kepada konsumen karena ia sudah merasa telah memberikan penjelasan dengan mencantumkan istilah - istilah yang tidak familiar di tengah - tengah masyarakat.

Salah satu contoh yang telah saya dapatkan dari akun sosial media seorang wanita berhijab yang telah mengunggah sebuah foto tengah makan siomay di sebuah warung yang memiliki tanda 'Cu Nyuk'. Tentu saja hal tersebut mengundang teguran bagi netizen yang mengetahui istilah tersebut, kemudian beliau menegur wanita tersebut. Tentu saja perbincangan tersebut menjadi suatu perbincangan yang hot dan banyak diantara netizen tersebut menduga kalau wanita tersebut tidak mengetahui istilah dari label 'Cu Nyuk' yang memiliki arti Babi.

Kejadian tersebut juga menyita perhatian Wakil Direktur Bidang Auditing dan Sistem Jaminan Halal, Ir. Muti Arintawati. Menurut Arin, di tengah marakknya pasar bebas, konsumen harus lebih jeli lagi dalam memilih makanan serta memilah produk yang ingin di beli.

Pada kesempatan tersebut juga, Arin menjelaskan bahwa terdapat istilah - istilah lain dari makanan yang mengandung bahan yang terbuat dari daging babi yang harus di ketahui. Ia mencontohkan pada sebuah produk yang memiliki kemasan yang bertuliskan 'the source of gelatin capsule is pocine yang artinya 'kapsul tersebut mengandung gelatin babi'.

Berikut ini adalah istilah - istilah atau daftar makanan yang mengandung babi, yang sebagaimana telah dirilis oleh Lembaga Pengkajian Panga, Obat, serta kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) :

  • PIG
Pig adalah istilah umum untuk seekor babi atau sebenarnya babi muda, yang memiliki berat kurang dari 50kg.
  • PORK
Pork adalah istilah yang di pergunakan untuk daging babi di dalam makanan
  • HOG
Hog adalah istilah dari babi dewasa yang memiliki berat lebih dari 50kg
  • BOAR
Boar adalah istilah dari babi liar/celeng/babi hutan
  • LARD
Lard adalah istilah yang di pergunakan untuk menyebut lemak babi yang di pergunakan sebagai bahan untuk membuat minyak masak atau sabun.
  • BACON
Bacon adala istilah untuk daging hewan yang disalai, termasuk/terutama babi
  • HAM
Ham adalah istilah yang di gunakan untuk daging babi bagian paha.
  • SOW
Sow adalah sebuah istilah untuk daging babi betina (jarang digunakan)
  • PORCINE
Porcine adalah istilah yang sering digunakan untuk sesuatu yang berkaitan atau berasal dari babi. Porcine sering digunakan dalam bidang pengobatan/medis untuk menyatakan sumber yang berasal dari babi.

Selain istilah yang ada di atas, ada juga nama lain yang sudah umum di perdengarkan di telinga masyarakat, yaitu : Charsiu, Cu Nyuk, Chasu, Yakibuta, B2 dan lain sebagainya.

Untuk itu, kita sebagai umat muslim yang mana agama telah melarang kita untuk mengkonsumsi makan atau apapun yang terbuat dari babi, harus bisa mengenal dan mengetahui istilah - istilah diatas agar terhindar dari mengkonsumsi daging babi.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar