Jumat, 04 Desember 2015

Gejala Diabetes Dan Cara Mencegahnya


Diabetes adalah penyakit yang berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya. Diabetes merupakan gangguan metabolisme tubuh yang menyebabkan tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin (Hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat dan mengontrol kadar gula dalam tubuh =) dalam jumlah normal sehingga darah mengalami kelebihan kadar gula.

Hormon insulin berfungsi mengolah glukosa dalam darah menjadi energi. Dilansir dari Times of India, Diabetes itu ada dua jenis :

1. Diabetes yang merupakan kondisi glukosa tetap yang tersimpan dalam darah karena tubuh kekurangan insulin yang membuat tubuh tidak bisa mengubahnya menjadi sebuah enegi.

2. Diabetes tubuh yang mempunyai hormon insulin, tetapi jumlahnya tidak cukup untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Dari kedua jenis gejala diabetes diatas sangat susah dibedakan, karena gejalanya sangat sulit untuk di deteksi dan si penderita tidak akan sadar kalau dia ternyata menderita penyakit diabetes. Si penderita diabetes biasanya baru akan sadar kalau penyakit ini sudah memasuki tahap yang parah. Menurut Prof. Shubhankar Chowdury, Spesial ginjal, gejala awal diabetes akan ditandai dengan sering merasa haus, sering buang air kecil dan berat badan menurun secara kuat.

Gejala lainnya yang akan muncul ialah cepat merasa lelah, dan luka yang sulit sembuh sehingga akan membuat penglihatan menjadi kabur. Untuk mencegah penyakit ini adalah dengan cara bersegeralah ke dokter untuk memeriksakan kondisi tubuh anda. Jika memang positif anda mengidap diabetes ubahlah gaya hidup anda.

Tips yang ampuh dalam mencegah diabetes ialah menjalani diet diabetes serta istirah yang cukup dan nga lupa untuk rajin - rajin berolahraga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar