Selasa, 13 Oktober 2015

Kandungan Dan Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan

Cermai adalah buah kecil berwarna kuning agak kehijau - hijauan yang bentuknya menyerupai bintang yang memiliki nama ilmiah Phyllanthus acidus ini ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Tanaman yang bisa tumbuh hingga 10 meter ini bisa tumbuh di tanah ringan maupun berat dan tahan terhadap kondisi air yang banyak ataupun kekurangan air yang biasa di tanam orang di halaman rumah dan sawah/ladang yang biasa di makan segar dengan tambahan sedikit garam, gula pasir atau sebagai bahan untuk membuat rujak juga sering di buat orang manisan atau sebagai bahan minuman penyegar yang mana daun mudanya juga sangat enak jika di buat lalapan ini ternyata sangat berkhasiat utuk mengobati beberapa penyakit diantaranya :


1. Kanker

Bahan

A. Daun cermai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam
B. Daun belimbing 1/3 genggam
C. Bidara upas 1/2 jari.
D. Gadung cina 1/2 jari
E. Gula enau 3 jari

Cara pembuatan

Cuci hingga bersih kesemua bahan, kemudian potong - potong sekenanya aja, kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air bersih hingga mendidih dan hanya tersisa 3/4 bagian.

Cara pemakaian

Dinginkan terlebih dahulu rebusan rempah tadi, setelah dingin saring dan minum 3x sehari dengan takaran 3/4 gelas.

2. Sembelit

Cara pertama = Biji cermai sebanyak 3/4 sendok teh, cuci hingga bersih kemudian haluskan dengan menggunakan gilingan. Setelah itu tambahkan 1 sendok makan madu kemudian seduh dengan menggunakan air panas, kemudian aduk hingga merata. Minum sekaligus , lakukan hal ini 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara kedua = Ambil daun cermai yang masih segar sebanyak 3 gram kemudian cuci. Setelah bersih tumbuh jalus, kemudian seduh dengan menggunakan 1/2 gelas air panas, kemudian dinginkan. Setelah dingin, minum air seduhan beserta ampas - ampasnya.

3. Melangsingkan badan

Ambil segenggam daun cermai, kemudian cuci hingga bersih, kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Setelah itu dinginkan kemudian minum.

Catatan :

Obat ini sangat bekerja kuat, jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu yang lama, karena obat ini memiliki kinerja yang sangat kuat. Sebaiknya anda gunakan sesekali saja, jangan terlalu sering.

4. Asma

Bahan

A. 6 biji buah cermai
B. 2 buah bawang merah
C. 1/4 akar kara (Dolichos lablab)
D. 8 butir buah lengkeng

Cara pembuatan

Semua bahan di cuci hingga bersih, kemudian di tumbuh seperlunya. Setelah itu rebus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 1/2 gelas.

Cara penggunaan

Dinginkan terlebih air ramuan, kemudian tambahkan air gula secukupnya, ketika hendak meminumnya. Minum ramuan ini 2x sehari, dengan takaran 3/4 gelas.

Sebenrnya masih banyak lagi khasiat buah cermai bagi kesehatan, akan tetapi saya tidak tahu cara pembuatannya, diantanya adalah Batuk berdahak, Mual, Sariawan, Sakit kulit dan Mual akibat perut kotor.

Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar